Kamis, 01 Maret 2012

Fw: tips sehat

Sent from BlackBerry® on 3

From: Teddy Bariadi <tbariadi@pertamina.com>
Date: Fri, 2 Mar 2012 01:58:15 +0000
To: tbariadi@gmail.com<tbariadi@gmail.com>
Cc: Teddy Bariadi<tbariadi@pertamina.com>
Subject: tips sehat

Makanan yang Bantu Bakar Lemak Saat Tidur

Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta, Siapa bilang saat tidur Anda tak bisa membakar lemak? Bila Anda mengonsumsi makanan tertentu sebelum tidur, maka kandungan nutrisinya bisa membantu tubuh untuk membakar lemak saat tidur. Makanan apa saja?

Makanan yang bisa membantu membakar lemak saat tidur biasanya mengandung rendah kalori tapi sangat bergizi. Tak hanya dikonsumsi menjelang tidur, makanan-makanan pembakar lemak ini juga bisa dikonsumsi sepanjang hari untuk mendapatkan manfaat lebih.

Berikut beberapa makanan yang bisa bantu bakar lemak saat tidur, seperti dilansir
Livestrong, Senin (27/2/2012):

1. Jeruk
Jeruk mengandung serat pembakar lemak dan vitamin C. Vitamin C dapat merangsang kemampuan tubuh untuk membakar lemak yang ditemukan dalam asam amino karnitin. Vitamin C juga memainkan peran dalam kemampuan memproses lemak tubuh, dengan mempercepat proses penipisan lemak dan kemudian membuangnya dari tubuh.

Tak hanya buah jeruk, beberapa buah yang mengandung citrus juga bisa membantu membakar lemak saat tidur, contohnya jambu, lemon, jeruk keprok, pepaya dan tomat.

2. Sayur-sayuran
Sayuran menyediakan protein nabati, yang akan lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga dapat membakar lebih banyak kalori. Makan semangkuk sup atau salad untuk makan malam dapat membantu membakar kalori selama jam tidur malam. Kacang-kacangan seperti lentil, kacang polong, buncis juga bisa membakar lebih banyak kalori.

3. Produk susu
Minum produk susu sebelum tidur juga bisa membantu membakar lemak saat tidur. Susu dapat menurunkan berat badan dengan membantu dalam pemecahan sel lemak, karena mengandung banyak kalsium.

Selain itu, susu juga merupakan sumber korbohidrat kompleks, yang membantu menjaga tingkat insulin tetap rendah. Tingkat insulin yang rendah akan meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lebih banyak.

4. Gandum utuh
Gandum utuh mengandung nutrisi yang membakar lemak dengan menjaga tingkat insulin rendah, menurut New York Daily News. Gandum utuh menyediakan sumber yang sangat baik dari karbohidrat kompleks dan serat, yang sangat bermanfaat dalam merangsang metabolisme. Tak hanya gandum utuh, beras merah dan barley juga efektif untuk membakar lemak saat Anda sedang tidur.

(mer/ir)

 

Cara Mudah Agar Lemak Tak Menumpuk di Tubuh

Adelia Ratnadita - detikHealth

Jakarta, Kegemukan dan obesitas dapat meningkatkan berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2, hipertensi, dan penyakit jantung.

Hanya dengan perubahan sederhana dalam rutinitas harian, akan dapat menjalankan metabolisme dengan baik, sehingga lemak tidak menumpuk. Kira-kira bagaimana cara untuk mengoptimalkan metabolisme agar lemak tidak menumpuk?

Berikut 9 cara untuk mengoptimalkan metabolisme agar lemak tidak menumpuk seperti dikutip dari
Fitbie, Senin (20/2/2012) antara lain:

1. Makan telur untuk sarapan
Sebuah studi di Nutrition Research menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi telur saat sarapan, memiliki total kalori sehari lebih sedikit.

2. Banyak berdiri
Memperbanyak berdiri dalam aktivitas sehari-hari, seperti berdiri setiap kali membaca atau mengambil panggilan telepon di tempat kerja dapat mengoptimalkan metabolisme. Berdiri 1 1/2 kali lebih banyak membakar kalori daripada duduk.

3. Jangan makan di depan TV
Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Massachusetts, orang yang makan di depan TV kebanyakan mengambil 300 kalori lebih banyak.

4. Menimbang badan seminggu sekali
Menimbang badan seminggu sekali merupakan upaya mengontrol berat badan. Berdasarkan hasil penelitian yang dimuat dalam American College of Sports Medicine Health & Fitness Journal, para pelaku diet dapat sukses karena menimbang badan seminggu sekali.

5. Mengonsumsi satu buah apel
Sebaiknya saat makan siang, mengonsumsi satu buah apel, tetapi bukan jus apel. Mengunyah pemicu rasa kenyang, sehingga mungkin akan mengkonsumsi kalori hampir 15 persen lebih sedikit. Hal tersebut berdasarkan catatan yang diambil dari journal Appetite.

6. Memperbanyak konsumsi protein dan mengurangi karbohidrat
"Mengkonsumsi 55 gram whey protein sehari selama 23 minggu dapat mengurangi 4 kg berat badan daripada jika mendapatkan kalori dari karbohidrat," kata para ilmuwan USDA.

7. Mengerjakan pekerjaan rumah sendiri
"Orang yang tinggal tanpa pembantu atau sering mengerjakan pekerjaan rumah sendiri, seperti membersihkan rumah, tentunya memiliki aktivitas fisik yang lebih tinggi," kata peneliti dari Indiana University.

8. Tambahkan buncis untuk sup
Aduk setengah cangkir buncis ke dalam panci sup, hal ini merupakan taktik untuk melawan timbunan lemak 6 gram lebih banyak.

9. Minum susu skim
"Dengan meminum 2 1/2 cangkir susu skim saat siang hari setara dengan jus rendah kalori dan dapat menurunkan konsumsi kalori sebesar 8,5 persen," kata peneliti dari Australia.


(
del/ir)

 

 

Teddy Bariadi | Assistant Manager Operation Planning & Controlling LPG & Gas Products

PT Pertamina (Persero)

Main Building 12th Floor Jl. Medan Merdeka Timur 1A Jakarta 10110 Indonesia

T. +6221 381 6986

F. +6221 3843773

Email : tbariadi@pertamina.com

www.pertamina.com

go green. save trees. print only when necessary

 

***** This message may contain confidential and/or privileged information. If you are not the addressee or authorized to receive this for the addressee, you must not use, copy, disclose or take any action based on this message or any information herein. If you have received this communication in error, please notify us immediately by responding to this email and then delete it from your system. PT Pertamina (Persero) is neither liable for the proper and complete transmission of the information contained in this communication nor for any delay in its receipt. *****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar